Home Khasanah Tiga Versi Makam Nabi Yusuf

Tiga Versi Makam Nabi Yusuf

35
0

SEJARAHONE.ID – Sebenarnya di mana makam Nabi Yusuf AS? Ada tiga pendapat terkait makam Nabi Yusuf AS. Pendapat yang pertama, menurut studi sejarawan dan arkeolog, ada makam Nabi Yusuf AS di Palestina utara di kota Nablus. Lokasi ini dapat dicapai melalui pintu masuk timur ke arah kota.

Makam Nabi Yusuf AS dianggap sebagai salah satu situs arkeologi dan religius terpenting di Nablus di mana banyak orang mengunjunginya dengan tujuan religius untuk mendekatkan diri pada Tuhan dan memperoleh keridhaan-Nya.

Terdapat 3 versi lokasi makam Nabi Yusuf AS. Makam Nabi Yusuf di Nablus menurut salah satu pendapat

Terdapat 3 versi lokasi makam Nabi Yusuf AS. Makam Nabi Yusuf di Nablus menurut salah satu pendapat. Area di mana makam Nabi Yusuf berada, mengikuti aturan dari otoritas Palestina yang artinya menuruti ketentuan Kementerian Wakaf dan Urusan Agama Palestina. Hal ini sebagai bentuk tanggung jawab mereka terhadap pekerjaan pemugaran dan pelestarian makam.

 

 

Bangunan tua itu berisi dua ruangan. Ruangan sebelah barat dan bagian selatan Arafah, yaitu ruangan yang berisi makam Nabi Yusuf. Ini bisa diketahui dengan mengamati kubah yang menutupi langit-langitnya.

Pendapat kedua, menyebut bahwa makam Nabi Yusuf berada di Masjid Ibrahimi di Kota Hebron, yang juga menjadi makam Nabi Ibrahim. Makam ini dibangun pada era Dinasti Abbasiyah oleh ibu satu anak dari para khalifah dinasti tersebut.

Dia melihat dalam mimpinya bahwa makam Nabi Yusuf bukanlah di Nablus melainkan di Hebron. Lalu dilakukan pencarian dan penggalian makam di halaman makam para leluhur.

Di lokasi tersebut, peneliti menemukan papan kayu yang menurut mereka berasal dari sisa-sisa makam. Sehingga, di tempat itu dibangun tempat pemujaan dan menjadi simbol religi bagi orang-orang untuk beribadah. Makam Nabi Yusuf di Masjid Ibrahimi Kota Hebron ini ada di bawah otoritas Israel.

Pendapat ketiga, mengungkapkan bahwa makam Nabi Yusuf ada di Mesir. Pada 1989, seorang peneliti arkeologi di Mesir menemukan mumi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan, mumi itu diindikasikan milik Nabi Yusuf AS. Karena itu, ada pula yang meyakini Nabi Yusuf dimakamkan di Mesir, bukan di tempat lain.

Penyerbuan Makam Nabi Yusuf

Puluhan pemukim Zionis menyerbu Haram (makam) Nabi Yusuf as di timur Nablus, Tepi Barat. Tindakan ini dilakukan di bawah pengawalan ketat pasukan keamanan rezim Zionis Israel.

Seperti dilansir Pusat Informasi Palestina, menyusul penyerbuan ke makam Nabi Yusuf as oleh pemukim Zionis pada hari Kamis (2/8/2018), warga Palestina bangkit dan berusaha mencegahnya sehingga bentrokan pun tak terelakkan.

 

Pasukan rezim Zionis menembakkan peluru tajam dan gas air mata ke arah warga Palestina dan menyebabkan dua orang terluka. Puluhan warga juga mengalami sesak nafas.

 

Di sisi lain, ratusan pemukim Zionis masuk ke area Masjid al-Aqsa dan meneriakkan slogan-slogan anti-Islam.

 

Pernyerbuan dan penodaan terhadap kesucian Masjid al-Aqsa yang terjadi hampir setiap hari bertujuan untuk menghapus identitas Islam dan Kristen Baitul Maqdis dan menggantikannya dengan simbol-simbol Zionis.

Sumber: Republika.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here