Home Galeri Sekilas Tentang Sejarah Bus

Sekilas Tentang Sejarah Bus

62
0

SEJARAHONE.ID – Di era modern, bus adalah sebuah kendaraan besar dengan tempat duduk dengan jumlah yang banyak. Dan tahukah anda bahwa bus sebenarnya diambil dari bahasa latin yaitu omnibus yang artinya “kendaraan yang berhenti disetiap pemberhentian.

Pada tahun 1905 cikal bakal bus dimulai yaitu pada saat kendaraan bermotor sudah mulai menggantikan kuda sebagai alat transportasi, Omnibus diperkenalkan pada tahun 1827 di kota New York oleh seseorang bernama Abraham Brower yang hingga saat ini di Prancis dan Inggris istilah omnibus masih dipergunakan.

Pada awalnya, bus merupakan kendaraan yang ditarik kuda, kemudian dimulai dari tahun 1830-an bus bertenaga uap mulai ada. Seiring perkembangan zaman, Bus bertenaga mesin pertama muncul bersamaan dengan perkembangan mobil. Setelah bus bertenaga mesin pertama pada tahun 1895, berbagai macam model dikembangkan pada tahun 1900-an, sampai akhirnya tersebar luas bentuk bus yang utuh mulai dari tahun 1950-an. Bus menjadi populer pada awal abad 20 karena Perang Dunia I dimana itu sangat diperlukan alat transportasi lain yang dapat mengangkut banyak penumpang.

Di Indonesia klasifikasi bus umum dibagi ke dalam berbagai kategori, berdasarkan ukuran, kelas, jenis, dan jarak. Ada tiga jenis bus berdasarkan ukuran, bus besar, bus sedang, dan bus kecil. Sedangkan berdasarkan kelas ada kelas ekonomi, bisnis rs, bisnis ac, executive, dan super executive. Pembagian berdasarkan kelas ini ditentukan oleh fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh bus.

Ada pula bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Bus AKAP adalah angkutan dari satu kota ke kota lain yang melalui antar daerah kabupaten/kota yang melalui lebih dari satu daerah provinsi dengan menggunakan mobil bus umum yang terikat dalam trayek. Lain lagi dengan bus Antar Kota Dalam Provinsi yang mengangkut dari satu kota ke kota lain yang melalui antar daerah kabupaten/kota dalam satu daerah provinsi. Selain itu, masih ada juga bus kota, seperti metromini, patas, dan sebagainya.

Begitulah sekilas tentang sejarah bus di Indonesia bahkan bisa dikatakan sejarah bus dunia. Semoga memberi masukan tambahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here