Home Galeri Sekilas Tentang Sejarah Buku

Sekilas Tentang Sejarah Buku

145
0

SEJARAHONE – Sejarah mencatat bahwa buku pertama lahir  pada abad ke-9, yaitu lahirnya serat Ramayana. Serat Ramayana adalah kisah klasik dari India. Pada saat itu, Nusantara berada dalam pengaruh Hindu.

Ketika buku lahir di Indonesia, sebagian besar wilayah nusantara berada dalam pengaruh Hindu. Buku Ramayana ditulis dengan syair tembang.

Ada beragam serat yang ditulis yang menyadur kisah-kisah dalam sastra India, seperti Mahabharata, Bharatayuddha, dan lain-lain.

Pada zaman penjajahan Belanda, semua penerbitan buku dikuasai penuh oleh pemerintah Belanda. Salah satu bentuk kekuasaannya adalah munculnya lembaga Komisi Bacaan Rakyat. Lembaga ini didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda pada tanggal 14 September 1908 sebagai masukan untuk Direktur Pendidikan dalam memilih buku yang baik sebagai bacaan untuk anak-anak di sekolah dan juga bacaan rakyat pada umumnya.

Komisi Bacaan Rakyat kemudian berubah nama menjadi Balai Poestaka pada tanggal 22 September 1917.

Tujuan didirikannya Balai Poestaka awalnya adalah untuk mengembangkan bahasa daerah pertama di Hindia Belanda, seperti Bahasa Sunda, Bahasa Jawa, Bahasa Madura, dan Bahasa lainnya.

Setelah runtuhnya pemerintahan orde baru maka beralihlah ke masa reformasi, kebebasan dalam berbagai bidang mulai dari sosial, politik, ekonomi, hingga politik perbukuan semakin terbuka. Titik tersebut berawal ketika pemerintah mencabut peraturan Surat Ijin Usaha Penerbitan Pers pada masa itu. Oleh karena itu, lahirlah penerbit-penerbit baru dan penulis yang menciptakan buku-buku dalam berbagai jenis dan tema.

Pada era modern seperti saat ini, teknologi yang semakin berkembang dan selalu membawa inovasi dan terdapat cara baru bagi manusia untuk membaca buku. Saat ini sudah banyak masyarakat yang beralih membaca buku secara fisik berubah menjadi membaca buku elektronik. Banyak buku-buku berbentuk pdf atau e-book yang dapat dengan mudah diunduh di internet oleh masyarakat.

TULISKAN PENDAPAT KAMU?

Please enter your comment!
Please enter your name here