Home Ekonomi Sekilas Tentang Sejarah Berdirinya Bis Damri

Sekilas Tentang Sejarah Berdirinya Bis Damri

366
0

Pada tahun 1943, terdapat dua usaha angkutan di zaman pendudukan Jepang yaitu Jawa Unyu Zigyosha yang mengkhususkan diri pada angkutan barang dengan truk, gerobak dan cikar  dan juga terdapat Jidousha Sokyoku  yang melayani angkutan penumpang dengan kendaraan bermotor atau bus.  Pada tahun 1945, setelah Indonesia Merdeka, di bawah pengelolaan  Departemen Perhubungan RI,  Jawa Unyuu Jidousha berubah nama menjadi Djawatan Pengangkoetan untuk angkutan barang dan Jidousha Sokyoku beralih menjadi Djawatan Angkutan Darat untuk angkutan penumpang.

Pada 25 November 1946, kedua jawatan itu digabungkan berdasarkan Maklumat Menteri Perhubungan RI No.01/DAM/46 sehingga dibentuklah “Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia”, disingkat DAMRI, dengan tugas utama menyelenggarakan pengangkutan darat dengan bus, truk, dan angkutan bermotor lainnya.

Lingkaran Lima #13 : Alat Transportasi Bikin Gila Sendiri Halaman ...

Tugas tersebut menjadikan semangat kesejarahan DAMRI yang telah memainkan peranan aktif dalam kiprah perjuangan mempertahankan kemerdekaan melawan agresi Belanda di Jawa.

Tahun 1961, terjadi peralihan status DAMRI menjadi Badan Pimpinan Umum Perusahaan Negara (BPUPN) berdasarkan Peraturan Pemerintah  No. 233 Tahun 1961, yang kemudian pada tahun 1965 BPUPN dihapus dan DAMRI ditetapkan menjadi Perusahaan Negara (PN).

Tahun 1982, DAMRI beralih status menjadi Perusahaan Umum(PERUM) berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 31 Tahun 1984 serta dengan Peraturan Pemerintah No. 31 Tahun 2002 dan berkelanjutan hingga saat ini, di mana PERUM DAMRI diberi tugas dan wewenang untuk menyelenggarakan jasa angkutan umum untuk penumpang dan atau barang di atas jalan dengan kendaraan bermotor.Saat ini, DAMRI merupakan salah satu perusahaan yang dimiliki pemerintah di bawah Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Tahun 70-an Ternyata Bus Tata Digunakan Untuk Transportasi Kota di Indonesia

Angkutan Bandar Udara

Angkutan Bandar udara merupakan salah satu segmen pelayanan yang beroperasi dari dan ke Bandar udara. Segmen Angkutan Bandar udara ini tidak hanya melayani wilayah Ibu Kota Jakarta saja, namun sudah hampir menjangkau Bandar udara-bandar udara yang ada di wilayah Indonesia. Pelayanan yang berorientasi pada kepuasan pelanggan ini akan terus memberikan pelayanan terbaiknya dengan tarif relatif murah, aman dan nyaman.

Damri Mengoperasikan bus TransJakarta melalui Strategic Bussines Unit (SBU).di antaranya melayani:

  • Koridor 5 (Kampung Melayu – Ancol) (bus gandeng)
  • Koridor 5C (PGC 1 – Harmoni) (bus gandeng)
  • Koridor 5D (PGC 1 – Ancol) (bus gandeng)
  • Koridor 8 (Lebak Bulus – Harmoni) (bus gandeng)
  • Koridor 9A (Pluit – PGC 2) (bus gandeng)
  • Koridor 10 (Tanjung Priok – PGC 2) (bus gandeng)

Angkutan kota

Angkutan Bus Kota Adalah sebuah moda transportasi perkotaan yang merujuk kepada kendaraan umum dengan rute yang sudah ditentukan. pelayanannya meliputi jaringan trayek kota ( dalam wilyah kota, Ibu Kota Provinsi dan Kabupaten). Jaringan Pelayanan meliputi 9 (sembilan ) kota besar diseluruh Indonesia meliputi Medan, Batam, Palembang, Bandar Lampung, Bandung, Surabaya, Makassar, Kendari dan Manado

Angkutan Antar Kota

Angkutan antar kota terdiri dari Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Terdapat di 33 Kantor Cabang DAMRI.

Antar Lintas Batas Negara

Angkutan Antar Negara adalah angkutan dari satu kota ke kota lain yang melewati lintas batas negara dengan menggunakan mobil bus umum yang terikat dalalm trayek. DAMRI mempelopori transportasi lintas-batas antar Negara Indonesia Malaysia, dengan melayani trayek dari Pontianak (Indonesia) tujuan Kuching (Malaysia). Selain itu DAMRI juga telah membuka layanan baru dari Pontianak menuju Brunai Darussalam.

DAMRI juga sedang merintis rute antar negara seperti ke Timor Leste dan Papua Nugini. Trayek Angkutan Antar Negara yaitu:

AMelayani angkutan travel/pariwisata dengan menggunakan kendaraan minibus dan bus besar. Juga bekerjasama dengan Kementerian Ketenagakeraan dalam pengangkutan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari terminal kedatangan Bandara Soekarno-Hatta ke daerah asal TKI.

Angkutan Logistik

Melayani pengiriman barang dengan menggunakan truk.Tersedia di 4 Kantor Cabang. Damri bekerjasama dengan PT. Pos Indonesia, Kereta Api Logistik serta pihak swasta lainnya.

Bus Perintis

Melayani daerah-daerah terpencil dan terisolir yang belum dilayani oleh perusahaan angkutan lain. Angkutan Perintis merupakan penugasan dari pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan transportasi agar anak-anak dapat bersekolah, biaya logistik dapat berkurang, dan hasil bumi dapat terdistribusikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here