Home Ekonomi Sekilas Kisah Pabrik Gula Mojo

Sekilas Kisah Pabrik Gula Mojo

165
0
sumber: https://pesona.travel/keajaiban/6020/pabrik-gula-tertua-zaman-belanda-yang-hits-hingga-kini

Oleh. Hana Wulansari

SejarahOne.id – Pabrik Gula Mojo adalah salah satu pabrik gula tertua di Indonesia yang dibangun pada tahun 1883 oleh perusahaan Hindia Belanda yang saat itu berpusat di Den Haag Belanda dan Semarang. Dikabarkan bahwa Pabrik Gula Mojo merupakan pabrik gula dengan pembangunan termahal saat itu yaitu mencapai 350.000 gulden.

Alasan pembangunan Pabrik Gula Mojo ini berawal pada masa tanam paksa yang dilakukan oleh Hindia Belanda pada awal tahun 1802, yang mengharuskan Indonesia harus menyerahkan 1/5 tanahnya untuk ditanami komoditi tertentu seperti tebu. Pabrik Gula Mojo ini kemudian memulai proses usahanya pada tahun 1885. Pada era pasca kemerdekaan Indonesia tepatnya pada tahun 1959, pabrik ini kemudian diambil alih oleh pemerintah dan kini dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero).

Pabrik Gula Mojo merupakan pabrik gula yang berdiri di Sragen selain Pabrik Gula Kedungbanteng. Pabrik Gula Mojo merupakan salah satu dari tiga pabrik gula yang beroperasi di wilayah Karesidenan Surakarta selain Pabrik Gula Tasikmadu di Karanganyar dan terakhir Pabrik Gula Gondang Baru yang ada di Klaten.

Pada masa lampau dalam menjalankan usahanya, Pabrik Gula Mojo menggunakan jaringan kereta lori pengangkut tebu yang memiliki jalur (decauville) yang memiliki jarak puluhan kilometer dan tersebar di berbagai kebun tebu yang ada di Sragen. Namun sayang, keadaan lori pengangkut tebu tersebut kini telah tergantikan oleh angkutan truk dan hanya meninggalkan sisa puing-puingnya saja.

Belum ada fasilitas umum yang bisa digunakan oleh pengunjung karena Pabrik Gula Mojo masih aktif beroperasi sebagai pabrik dan belum dikelola secara khusus untuk menjadi tempat wisata sejarah ataupun wisata budaya. Namun Pabrik Gula Mojo ini sangat terbuka untuk kunjungan group dari sekolah atau universitas yang ingin belajar mengenai budaya dan sejarah yang terjadi di Pabrik Gula Mojo.

Karena Pabrik Gula Mojo ini belum dikelola sebagai tempat wisata sejarah ataupun tempat wisata budaya oleh pemerintah maupun pihak swasta, maka belum ada biaya tiket masuk yang dikenakan kepada pengunjung yang ingin berkunjung untuk mengenal lebih jauh tentang sejarah Pabrik Gula Mojo. Namun untuk kita yang ingin datang untuk keperluan study tour dari sekolah atau universitas sebaiknya mengajukan surat izin kunjungan terlebih dahulu.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here