Home Ekonomi Sejarah Singkat Ekonomi Liberal

Sejarah Singkat Ekonomi Liberal

56
0

SEJARAHONE.ID – Ekonomi liberal sering dikaitkan dengan dukungan terhadap pasar bebas dan kepemilikan pribadi atas aset dan modal. Proteksionisme bertentangan dengan ekonomi liberal karena dianggap tidak mendukung perdagangan bebas dan pasar terbuka.

Sejarah sistem ekonomi liberal dapat dibagi menjadi 2 fase, yaitu sistem ekonomi liberal awal dan sistem ekonomi liberal modern. Indonesia mengalami sistem ekonomi liberal sejak awal fase, yakni ketika penjajah Belanda menguasai Indonesia.

Ekonomi liberal diterapkan Belanda melalui kebijakan-kebijakan VOC. Organisasi dagang VOC ini bertindak sebagai penguasa ekonomi yang mengeksploitasi sumberdaya alam habis-habisan kemudian menjual produk itu dengan sistem monopoli.

Kebijakan Ekonomi pada Masa Demokrasi Liberal Halaman all - Kompas.com

Ekonomi Liberal berlaku di Indonesia sejak Masa Kolonial

Sejarah sistem ekonomi liberal dapat dibagi menjadi 2 fase, yaitu sistem ekonomi liberal awal dan sistem ekonomi liberal modern. Berikut penjelasannya,

Sistem Liberal Awal

Sistem ekonomi liberal klasik berlangsung sekitar abad ke-XVII sampai menjelang abad ke-XX.

Ekonomi liberal yakni dividu/swasta mempunyai kebebasan penguasaan sumber daya maupun pengusaan ekonomi dengan tanpa adanya campur tangan pemerintah untuk mencapai kepentingan individu tersebut.

Sehingga mengakibatkan munculnya berbagai ekses negatif diantaranya eksploitasi buruh dan penguasaan kekuatan ekonomi. Untuk masa sekarang, sitem liberal kapitalis awal/klasik telah ditinggalkan.

Sistem Liberal Modern

Sistem ekonomi liberal modern adalah sistem ekonomi liberal kapitalis yang telah disempurnakan.

Beberapa unsur penyempurnaan yang paling mencolok adalah diterimanya peran pemerintah dalam pengelolaan perekonomian. Pentingnya peranan pemerintah dalam hal ini adalah sebagai pengawas jalannya perekonomian.

Selain itu, kebebasan individu juga dibatasi melalui pemberlakuan berbagai peraturan, diantaranya undang-undang anti monopoli (Antitrust Law).

Nasib pekerja juga sudah mulai diperhatikan dengan diberlakukannya peraturan-peraturan yang melindungi hak asasi buruh sebagai manusia. Serikat buruh juga diijinkan berdiri dan memperjuangkan nasib para pekerja.

Dalam sistem liberal kapilalis modern tidak semua aset produktif boleh dimiliki individu terutama yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat banyak, pembatasannya dilakukan berdasarkan undang-undang atau peraturan-peraturan. Untuk menghindari perbedaan kepemilikan yang mencolok, maka diberlakukan pajak progresif misalnya pajak barang mewah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here