Home Khasanah Proses Masuknya Islam ke Nusantara

Proses Masuknya Islam ke Nusantara

96
0
SEJARAHONE.ID – Penyebaran Islam di Indonesia merupakan tahap atau proses menyebar dan masuknya agama islam ke nusantara. Sejak penyebaran Islam di Indonesia terjadi, masyarakat Indonesia semakin mengenali bagaimana agama Islam dan tertarik lalu kemudian banyak masyarakat Indonesia menjadi pemeluk agama Islam.

ISLAM masuk ke Indonesia, salah satunya melalui Pulau Jawa, yakni dengan peran Wali Songo. Ahli Sejarawan dan Budayawan Jawa, Muhammad Jazir ASP mengatakan Walisongo merupakan utusan dari Kekhilafahan Utsmani yang ditugaskan untuk menyebarkan Islam di Nusantara.

“Memang dakwah di Indonesia itu dilakukan secara terencana dan terstruktur oleh Sultan Muhammad I, yang dimulai dari 1404, dengan mengutus Walisongo” kata Jazir.

Dia mengatakan, Walisongo dipimpin oleh seorang ulama asal Turki yang bernama Maulana Malik Ibrahim, tokoh pendiri kesultanan yang ada di wilayah Indonesia, Kesultanan Demak.

Dewan Syuro Masjid Jogokariyan itu juga mengatakan bahwa utusan yang dikirim oleh Sultan Muhammad I tidak hanya cakap dalam ilmu agama.

“Mereka yang diutus oleh Khalifah memiliki keahlian dalam berbagai bidang untuk memperbaiki dan memajukan daerah di mana mereka ditugaskan,” terangnya. Jazir menyebutkan Syaikh Maulana Malik Ibrahim, asal Turki, adalah salah satu contoh ulama yang juga ahli politik dan irigasi itu menjadi peletak dasar pendirian kesultanan di Jawa sekaligus mengembangkan pertanian di Nusantara.

Presiden Direktur Badan Koordinasi Pendidikan Al-Qur’an & Keluarga Sakinah Indonesia (BKPAKSI) itu juga menjelaskan bahwa ada tujuh angkatan Walisongo yang yang diberangkaatkan oleh Muhammad I ke tanah Jawa.

“Ada tujuh angkatan yang masing-masing jumlahnya sekitar sembilan orang. Mereka semua dari berbagai negara seperti Palestina, Myanmar, Filipina, Turki, China, dan Maroko” jelasnya.

Islam masuk ke Indonesia jauh sebelum penjajah datang, dan kemudian terus berkembang hingga berdirilah kesultanan-kesultanan Islam seperti di Sumatera, Jawa, Sulawesi, sampai Kalimantan.

 Masyarakat Indonesia yang semula mayoritas adalah penganut animisme dan agama lain yang telah tersebar lebih dulu di Indonesia, mulai berpindah ke agama Islam. Mayoritas penganut agama Islam ini mengalahkan jumlah penganut agama Hindu, Budha, bahkan kristen ataupun kepercayaan lainnya yang telah dianut oleh masyarakat Indonesia sebelum penyebaran Islam di Indonesia terjadi. Penyebaran agama Islam ini terus menerus berkembang dengan pesat.

Penyebaran Islam di Indonesia dan Kisah Panjangnya (1)

Penyebaran Islam di Indonesia dimulai dari bagian Barat Indonesia yaitu bagian Barat Indonesia. Bukti peninggalan sejarah penyebaran agama Islam tulisan di batu nisan dan sejumlah kesaksian peziarah. Batu nisan yang paling pertama terbaca pada batu nisan tersebut terdapat tulisan tahun 475 H atau 1082 M.
Marco Polo melaporkan setidaknya satu kota Muslim dan bukti pertama tentang dinasti Muslim adalah nisan tertanggal tahun 696 H (1297 M), dari Sultan Malik al-Saleh, penguasa Muslim pertama Kesultanan Samudera Pasai, yang merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia.
Penyebaran Islam di Indonesia juga tak terlepas dari peran Wali Sanga atau sembilan wali yang memiliki andil yang cukup besar dalam penyebaran Islam di Indonesia. Para Wali Sanga tersebut menyebarkan agama Islam dengan cara berdakwah bahkan hingga menyelipkan ajaran-ajaran Islam dalam pertunjukan kebudayaan seperti pertunjukan wayang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here