Home Khasanah Perbedaan Karakter Umar bin Khatab dan Ustman bin Affan

Perbedaan Karakter Umar bin Khatab dan Ustman bin Affan

184
0

Sejarahone.id – Terdapat perbedaan karakter di antara sahabat Rasulullah SAW, Utsman bin Affan dan Umar bin Khatab RA. Umar bin Khattab mempunyai karakter yang keras, sementara Utsman merupakan orang yang terkenal santun dan lembut.

Dikutip dari buku Inilah Faktanya karya Utsman bin Muhammad al-Khamis, tetapi ternyata Utsman bukan orang yang lemah sebagaimana disangka banyak orang. Dia adalah seorang yang santun.

Oleh karena itu, ketika para pemberontak mengepungnya di kediamannya, dia berkata, “Apakah kalian tahu apa yang membuat kalian seberani ini kepadaku? Tidak ada yang membuat kalian seberani ini kecuali kesantunanku.”

Abdullah bin Umar berkata, “Demi Allah, mereka berani mengingkari kebijakan Utsman bin Affan, padahal seandainya kebijakan yang sama diambil Umar bin Khattab, niscaya tidak ada seorang pun dari mereka yang berani berbicara”.

Terdapat sebagian orang yang menentang Utsman bin Affan RA. Hal ini karena dia bersedia memaklumi, menoleransi, melupakan kesalahan-kesalahan, dan memaafkan mereka.

Adapun fitnah mulai muncul pada 34 Hijriyah ketika beberapa orang bodoh berusaha memberontak kepada Utsman. Dia kemudian menangkap mereka dan mencela perbuatan mereka, kemudian melepaskan mereka.

Sumber: Republika Online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here