Home Galeri Kontingen Garuda IV, Pasukan Perdamaian Pertama yang Tiba di Vietnam

Kontingen Garuda IV, Pasukan Perdamaian Pertama yang Tiba di Vietnam

56
0

SEJARAHONE.ID – Pemerintah Indonesia dalam misi ikut aktif dalam perdamaian dunia, ikut aktif mengirimkan pasukan garuda ke beberapa negara. Kontingen Garuda IV (Konga IV) dikirim ke Vietnam pada 1973. Konga IV berada di bawah misi ICCS dan dipimpin oleh Brigjen TNI Wiyogo Atmodarminto.

Pada tanggal 23 Januari 1973 pasukan Garuda IV diberangkatkan ke Vietnam yang dipimpin oleh Brigadir Jenderal TNI Wiyogo Atmodarminto, yang merangkap Deputi Militer Misriga dengan kekuatan 294 orang yang terdiri dari anggota ABRI dan PNS Departemen Luar Negeri.

Kontingen Garuda IV ini merupakan Kontingen ICCS (International Commission of Cantre and Supervision) pertama yang tiba di Vietnam. Tugas kontingen Garuda IV adalah mencegah pelanggaran-pelanggaran, menjaga status quo, mengawasi evakuasi pasukan dan alat-alat perang serta mengawali pertukaran tawanan perang.

Kontingen Garuda IV ke Vietnam di bawah komando Brigjen TNI Wiyogo Atmodarminto dengan kekuaran sebanyak 294 orang terdiri dari anggota ABRI dan PNS Departemen Luar Negeri.

 KONGA IV dari Indonesia adalah pasukan perdamaian pertama atas misi PBB yang tiba di Vietnam.

Negara yang bergabung dalam misi untuk menjaga kondisi pasca perang Vietnam ini adalah Indonesia, Kanada, Hungaria dan Polandia. Indonesia adalah negara asia satu-satunya yang dipercaya turut dalam misi ini.

Tampak pada foto salah satu personel KONGA IV bersama kontingen Kanada melakukan proses pelepasan tawanan perang baik dari kubu Vietnam Selatan dan Utara serta tentara Amerika Serikat. Anggota TNI dalam KONGA IV tersebut mengenakan baret biru dan badge Garuda Pancasila pada lengan kiri.

Misi KONGA IV di Vietnam berlanjut hingga KONGA V, bukti bahwa Indonesia dipercaya dalam proses perdamaian pasca perang Vietnam.

Foto: SSGT Herman Kokojan, US Department of Defense image database.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here