Home Uncategorized Partai Islam di Indonesia Pernah Mewariskan Kemenangan pada 80% Daerah Pemilihan di...

Partai Islam di Indonesia Pernah Mewariskan Kemenangan pada 80% Daerah Pemilihan di Indonesia

112
0

SEJARAHONE.ID –┬áDalam Pemilu 1955, Masyumi menjadi partai Islam yang memenangi pada 10 dari 15 daerah pemilihan (67% Dapil), termasuk Jakarta Raya (26,12 persen), Sumatera Selatan (43,13 persen), Sumatera Tengah (50,77 persen), Sumatera Utara (37 persen), Kalimantan Barat (33,25 persen), Sulawesi Tenggara Selatan (39,98 persen), dan Maluku (35,35 persen). Hampir Seluruh Dapil diluar Jawa dimenangi Partai Islam Masyumi.

Masyumi memenangkan 10 daerah pemilihan, NU menang dua daerah pemilihan (Jawa Timur dan Kalimantan Selatan), PNI dua daerah pemilihan (Jawa Tengah dan Bali/NTB), Partai Katolik memenangkan satu daerah pemilihan (NTT).

Jadi 12 dari 15 Daerah Pemilihan dikuasai oleh Partai Islam Masyumi dan Partai Islam NU atau sekitar 80% (delapan puluh persen) Daerah Pemilihan dikuasai oleh Partai Islam

Maaf, Bung Karno dulu hanya kuat di Jawa utamanya. Kalau Rakyat dan Kerajaan2 Islam diluar Jawa lebih percaya pada Masyumi dan NU.

Itu sebabnya yg maju ke depan untuk Membubarkan Republik Indonesia Serikat (RIS) hanya bisa dilakukan oleh Buya Natsir Ketua Umum Partai Islam Masyumi, tidak bisa dilakukan oleh Bung Karno.

Sejarah kemudian terjadi. Berubahlah RIS menjadi NKRI dibawah komando Bapak Pendiri NKRI, Buya Natsir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here