Home Merdeka Pangeran Diponegoro Patriotisme Hingga Akhir Hidup

Pangeran Diponegoro Patriotisme Hingga Akhir Hidup

71
0

SEJARAHONE.ID – Pangeran Diponegoro Anak Seorang Raja Dari Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat Yang Memiliki Jiwa & Semangat Patriotisme Tinggi Tidak Tahan Melihat Penindasan Yang Terjad di wilayahnya Oleh Penjajah Asing Yang Mengakibatkan Akhirnya Terjadinya Peperangan Hebat Untuk Melawan Penindasan Belanda.

Perang Jawa yang dipimpin Pangeran Diponegoro disebut-sebut sebagai perang terlama yang memakan banyak korban. Belanda pun telah mengeluarkan banyak biaya dalam pertempuran melawan perlawanan rakyat yang dipimpin Pangeran Diponegoro.

 

https: img.okezone.com content 2020 03 06 337 2179351 keris-kuno-peninggalan-pangeran-diponegoro-akhirnya-kembali-ke-indonesia-jIlpvM0X7S.jpg

Keris Pangeran Diponegoro dikembalikan Kepada Pemerintahan Indonesia

 

Keris pusaka milik Pangeran Diponegoro akhirnya ditemukan. Selain keris, tombak dan pelana kuda yang sempat hilang ratusan tahun itu juga ditemukan dalam koleksi nasional di Museum Volkenkunde, Leiden, Belanda.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Ilmu Pengetahuan Belanda akhirnya mengembalikan benda pusaka itu ke Indonesia.

Pemerintah Belanda sendiri memberikan keris dan beberapa benda pusaka itu kepada Duta Besar Indonesia I Gusti Agung Wesaka Puja. “Keris itu sangat penting bagi Indonesia. Diponegoro adalah pahlawan nasional kami. Atribut pangeran ini menyatakan statusnya,” demikian keterangan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Den Haag Fery Iswandy.

Keris dan benda pusaka lainnya milik Pangeran Diponegoro tersebut rencananya akan disimpan di Monumen Nasional Jakarta.

Sebelumnya, tim peneliti telah melakukan proses identifikasi pada koleksi-koleksinya selama dua tahun. Keris tersebut menjadi senjata Pangeran Diponegoro pada masa penjajahan Belanda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here