Home Ekonomi Mendobrak Sejarah: NASA Kirim Robot Tercanggih Ke Mars

Mendobrak Sejarah: NASA Kirim Robot Tercanggih Ke Mars

80
0

SEJARAHONE.ID – NASA sukses melesatkan wahana robotika Perseverance yang dipasangkan di roket Atlas V milik United Launch Alliance dan meluncur dari Cape Canaveral Air Force Station di Florida, AS. Pada 30 Juli 2020, misi NASA berhasil dilakukan, kali ini bertujuan untuk mencari bukti kehidupan di Planet Merah.

Dalam peluncuran yang disiarkan langsung lewat YouTube, Perseverance berhasil meluncur tepat waktu pada pukul 7.50 EDT atau 18.50 WIB dari Cape Canaveral.

 

NASA Mars 2020

Setelah second stage roket Atlas V berhasil dikerahkan, misi ini akan menuju orbit untuk persiapan menuju Mars. NASA sudah beberapa kali mendaratkan rover ke Mars, namun Perseverance adalah yang terbesar, terberat dan tercanggih.

Rover beroda enam ini akan menganalisa batu dan sedimen di Mars untuk mengetahui apakah planet itu punya kondisi di mana organisme mikro dapat hidup. Ia akan mengebor beberapa centimeter, kemudian sampel yang dianggap paling bagus dimasukkan ke kontainer. Nah, kontainer ini akan ditinggalkan di permukaan Mars untuk diambil kembali oleh misi manusia ke Mars selanjutnya.

Sementara  itu, Rover robotika Perseverance milik NASA sebentar lagi akan mendarat di Planet Mars. Jaraknya masih sekitar 4 juta kilometer namun diprediksi 3 minggu lagi, Perseverance akan tiba di Planet Merah tersebut.

NASA sudah beberapa kali mendaratkan rover ke Mars, namun Perseverance adalah yang terbesar, terberat dan tercanggih. Rover beroda enam ini akan menganalisa batu dan sedimen di Mars untuk mencari jejak bukti kehidupan di sana.

Sebelum mendarat di Mars, Perseverance harus lolos dari apa yang disebut NASA’teror 7 menit’. Dijuluki demikian lantaran selama waktu tersebut, Perseverance bakal mendarat dari atmosfer ke permukaan Mars dalam kecepatan tinggi, 20 ribu kilometer per jam dan tak boleh ada kesalahan.

Lokasi pendaratannya pun, Jezero Crater, cukup sulit. “Saat melihat situs pendaratan, Jezero Crater, ilmuwan melihat peluang ilmiah di segalanya, sisa sungai kuno dan berpikir inilah tempat untuk melihat tanda kehidupan masa silam di Mars. Tapi saya melihatnya sebagai bahaya,” kata Allen Chen, engineer Perseverance.

Mereka harus dengan hati-hati mengoperasikan Perseverance di sana karena terdapat jurang kawah yang dalam sampai bebatuan besar. Perseverance sendiri menggunakan nuklir sebagai bahan bakar utamanya sehingga rover ini tidak perlu mengandalkan sinar matahari untuk mengisi baterainya.

Perseverance dilengkapi 19 kamera, dan empat kamera tambahan untuk memandunya saat proses pendaratan. Salah satu sistem kamera utamanya adalah Mastcam-Z yang fungsinya mirip seperti mata manusia.

Tugas utama kamera ini adalah mengambil video definisi tinggi,panorama berwarna dan foto 3D permukaan Mars dan fitur yang ada di atmosfer menggunakan lensa zoom. Adapun ars Oxygen In-Situ Resource Utilization Experiment atau MOXIE dipakai untuk membantu mempersiapkan manusia dalam misi berawak menuju Mars. Ia dirancang mengubah karbondioksida Mars jadi oksigen.

Ada pula helikopter mini Ingenuity yang disembunyikan dalam ‘perut’ Perseverance. Beberapa bulan setelah mendarat di Mars, helikopter seberat 1,8 kg ini akan terbang, dan akan menjadi kendaraan dengan baling-baling pertama yang mengudara di planet lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here