Home Khasanah Korelasi Wali Songo dan Khilafah Utsmani

Korelasi Wali Songo dan Khilafah Utsmani

119
0

Oleh. Hana Wulansari

SejarahOne.id – Ahli Sejarawan dan Budayawan Jawa, Muhammad Jazir ASP mengatakan Walisongo merupakan utusan dari Kekhilafahan Utsmani yang ditugaskan untuk menyebarkan Islam di Nusantara.

Kedatangan wali songo ke nusantara adalah bagian perencanaan terstruktur Sultan Muhammad I, pemimpin Khilafah Utsmani ketika itu.  Utusan dakwah wali songo dipimpin oleh seorang ulama asal Turki yang bernama Maulana Malik Ibrahim, tokoh pendiri kesultanan yang ada di wilayah Indonesia, Kesultanan Demak.

Bahkan, utusan yang dikirim oleh Sultan Muhammad I tidak hanya cakap dalam ilmu agama. Mereka yang diutus oleh Khalifah memiliki keahlian dalam berbagai bidang untuk memperbaiki dan memajukan daerah di mana mereka ditugaskan.  Syaikh Maulana Malik Ibrahim, asal Turki, adalah salah satu contoh ulama yang juga ahli politik dan irigasi itu menjadi peletak dasar pendirian kesultanan di Jawa sekaligus mengembangkan pertanian di Nusantara.

Sultan Muhammad yang mengirimkan utusan dakwah ke Indonesia saat itu terdapat tujuh angkatan Walisongo, yang yang diberangkaatkan  ke tanah Jawa. Tujuh angkatan yang masing-masing jumlahnya sekitar sembilan orang. Mereka semua dari berbagai negara seperti Palestina, Myanmar, Filipina, Turki, China, dan Maroko. Islam masuk ke Indonesia jauh sebelum penjajah datang, dan kemudian terus berkembang hingga berdirilah kesultanan-kesultanan Islam seperti di Sumatera, Jawa, Sulawesi, sampai Kalimantan.

Kekhilafahan Utsmani melalui sultan Muhammad I yang mengutus Walisongo sebagai juru dakwah menyebarkan Islam adalah awal tonggak pemahaman khilafah di Indonesia. Hal itu terbukti dengan pendirian Kesultanan Demak dengan sistim kepemimpinan khilafah yang kemudian diikuti oleh kesultanan di seluruh Indonesia.

mengatakan banyak masyarakat yang tidak mengetahui siapa sebenarnya sosok dan asal wali songo. Menurutnya, wali songo adalah para juru dakwah yang dikirim oleh Kekhilafahan Ustmani ke Indonesia.

Maulana Malik Ibrahim adalah pemimpin Wali Songo yang juga merupakan seorang ahli politik dan pengairan yang merintis konsep kekuasaan Islam di Nusantara. Maulana  peletak dasar-dasar munculnya kesultanan di berbagai wilayah Indonesia, karena meninggal di Gresik maka dikenal sebagai Sunan Gresik.

Ada juga wali songo bernama Syaikh Ja’far Shodiq yang membangun sebuah kota di pantai utara Jawa, yaitu kota Kudus. Ternyata, penamaan kota Kudus berkaitan erat dengan asal Syaikh Jafar Shodiq di Palestina. Dia berasal dari kota Al-Quds, maka dibangunlah kota itu dengan nama Kudus. Selain Syaikh Jafar Shodiq, wali songo asal Palestina di antaranya adalah Syarif Hidayatullah dan Syaikh Hasanudin yang berdomisili di Banten. Mereka semua dikirim oleh Khalifah. Jadi, kita melihat Khilafah itu adalah yang melancarkan dakwah Islam ke seluruh dunia. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here