Home Ekonomi Koran-Koran Tertua di Indonesia

Koran-Koran Tertua di Indonesia

212
0

SEJARAHONE.ID – Di Indonesia, koran atau surat kabar memiliki sejarah panjang. Pada masa penjajahan, koran dipergunakan sebagai media untuk menyuarakan kehendak merdeka. Koran juga digunakan sebagai alat perjuangan dan pemersatu bangsa. Dan, di masa pasca proklamasi, koran memiliki peran penting sebagai media informasi bagi rakyat Indonesia.

Pada zaman kolonial Belanda, Koran dijadikan alat perjuangan. Mengobarkan semangat nasionalisme dan merongrong kewibawaan Belanda. Berikut daftar koran berbahasa indonesia tertua di Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa koran-koran tertua di Indonesia

Bataviasche Nouvelles

 Koran ini diterbitkan oleh VOC  di Hindia Belanda (sekarang Indonesia). Koran berbahasa Belanda itu terbit pertama kali pada 7 Agustus 1744 di Batavia (sekarang Jakarta).

koran pertama

Bataviasche Nouvelles, Koran Pertama di Indonesia

Berarti koran ini terbit sekitar 136 tahun setelah terbitnya Avisa Relation oder Zeitung.

Merupakan lembaran berita Batavia yang digagas Gubernur Jenderal van Imhoff. Bataviase Nouvelles berhenti beredar sejak tahun 1746 atas perintah para direktur VOC yang cemas melihat pers berkembang di Hindia Belanda.

Koran Pertama yang Terbit di Indonesia inin pertama yang terbit di Indonesia yakni pada zaman VOC sekitar tahun 1745. Isi surat kabar pertama tersebut hanya memuat aneka berita tentang kapal dagang VOC, mutasi pejabat, berita pernikahan, kelahiran dan kematian. Pembacanya pun masih terbatas warga Belanda sendiri. Judul dari surat kabar tersebut adalah Bataviasche Nouvelles.

Koran ini kemudian berkembang pesat dan berubah menjadi koran yang berisi kritik terhadap perbudakan di Batavia dan perilaku penguasa VOC. 6. Tepat pada 20 Juni 1746, koran pertama ini pun menjadi yang pertama kali dibredel

 Warta Berita (1901)

Daftar Koran Berbahasa Indonesia Tertua di Tanah Air

Pada 1901, Datuk Sutan Marajo bersama adiknya bernama Baharudin Sutan Rajo nan Gadang di Padang Sumatera Barat menerbitkan dan memimpin sendiri sebuah surat kabar yang diberinya nama Warta Berita. Sebuah surat kabar pertama di Indonesia berbahasa Indonesia (bahasa Melayu dengan huruf Latin) yang dimiliki dan redakturnya orang Indonesia.

Kedaulatan Rakyat (1945)

Daftar Koran Berbahasa Indonesia Tertua di Tanah Air

Suara Merdeka

Suara Merdeka adalah surat kabar harian pagi yang terbit di Kota Semarang, Jawa Tengah. Harian ini memiliki sirkulasi terbatas pada area Jawa Tengah. Di kota Surakarta, terbit edisi Suara Solo, dengan porsi berita eks-karesidenan Solo yang lebih banyak. Sementara itu, di kota Tegal, terbit edisi Suara Pantura dengan porsi berita kawasan Pantura (Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, dan Batang) yang lebih banyak.

Suara Pembaruan pertama kali terbit pada 27 April 1961 dengan nama Sinar Harapan yang dikelola oleh PT. Sinar Kasih. Pada tahun 1986, dunia surat kabar Indonesia terguncang, ketika harian umum ini dicabut izin terbitnya nya oleh pemerintah Orde Baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here