Home Uncategorized Komplek Rijswijkstraat, Pesona Arsitektur Eropa di Masa Batavia

Komplek Rijswijkstraat, Pesona Arsitektur Eropa di Masa Batavia

151
0

SejarahOne.id – Komplek Rijswijkstraat di masa Batavi adalah komplek bangunan mewah di masanya. Nama jalan ini dulunya adalah Rijswijkstraat ketika Jakarta masih bernama Batavia. Foto ini diambil sekitar tahun 1920-an di mana bagunan-bangunan bergaya Eropa masih tampak gagah nan anggun. Di bagian kiri foto terlihat sebuah mobil bergaya hot rod yang terparkir di pinggit Gedung Societeit de Harmonie yang diratakan dengan tanah pada 1985. Gedung ini menjadi primadona di zaman gubernur jenderal Hindia Belanda.

Komplek Sosialita

Komplek Rijswijkstraat bernuansa Eropa merupakan pemandangan modern di salah satu jalan Kota Jakarta pada masanya. Gedung-gedung ini dulunya jadi tempat para geng hedon, sosialita, sampai Meneer-Meneer dandy zaman Batavia masih dijajah Belanda. Gedung yang berdiri di antara Jalan Veteran dan Jalan Majapahit ini diprakarsai oleh Gubernur Jendral Reinier de Klerk tahun 1776. Gubernur yang memerintah pada 1777–1780 ini mewarisi gedung Museum Nasional (Museum Gajah) dan Gedung Arsip Nasional.

Gedung ini mulai dibangun pada masa Gubernur Jenderal Hindia Belanda Herman Willem Daendels. Pengalihan kekuasaan dari Belanda kepada Inggris, membuat pembangunan gedung ini dilanjutkan oleh Gubernur Jenderal Inggris periode 1811-1815, Thomas Stamford Rafless. Namun sayangnya, gedung ini diratakan dengan tanah pada 1985.   dan, gedung ini tak lagi bersisa, padahal Rafless pernah berkata: Jangan pernah sekali-kali menghancurkan apa yang kau tak bisa bangun kembali.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here