Home Galeri Kesedihan Inggit Ketika Soekarno Wafat

Kesedihan Inggit Ketika Soekarno Wafat

125
0

SejarahOne.id – Inggit Garnasih pada hari wafatnya Bung Karno, 21 Juni 1970. Dalam Wasiat Bung Karno (Jakarta: Ketut Masagung Corporation, 1998, hlm. 37) tertulis, kira-kira pukul 21.30 pada malam tahlilan, Inggit Garnasih mantan istri kedua dari almarhum, yang pada waktu itu telah berumur 85 tahun, datang dari Bandung. Dia tak dapat menahan tangisnya dan segera dibawa ke ruang tengah dan duduk bersana dengan Ibu Wardoyo, kakak kandung satu-satunya dari Bung Karno.

Kentara benar kesedihan dalam raut mukanya yang telah senja. Hal ini tidak mengherankan, mengingat segala yang telah ia alami sebagai istri Bung Karno selama kurun waktu dua puluh tahun (1923–43). Mulai dari menyediakan tempat sebagai markas para tokoh pergerakan, hingga menemani sang suami baik dalam penjara di Banceuy dan Sukamiskin maupun dalam pengasingan di Ende dan Bengkulu.

Perjumpaan penghabisan Inggit dengan Bung Karno terjadi pada tahun 1960. Satu tahun kemudian, ia dianugerahi Tanda Kehormatan ‘Satyalencana Perintis Kemerdekaan’. Inggit Garnasih meninggal pada 13 April 1981 dalam usia 96 tahun. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here