Home Galeri Kapal-kapal Bersejarah Belanda yang Hilang Bangkainya di Indonesia

Kapal-kapal Bersejarah Belanda yang Hilang Bangkainya di Indonesia

58
0
Foto: Royal Navy Official Photographer

Terdapat tiga bangkai kapal perang Belanda yang hilang, yaitu: Hr.Ms. De Ruyter, Hr.Ms. Java, dan Hr.Ms. Kortenaer, yang tenggelam pada Pertempuran Laut Jawa 1942. Ketiganya tenggelam saat menghadang invasi Jepang ke Pulau Jawa.

Kapal Korteaner diambil tahun 1930Foto: Royal Navy Official Photographer
Kapal Korteaner diambil tahun 1930

Dalam pertempuran itu, seluruh 1.174 prajurit Angkatan Laut Belanda meninggal, termasuk komandannya, Laksamana Muda Karel Doorman.

Laksamana Muda Karel Doorman kini diangkat sebagai pahlawan nasional, namanya diabadikan sebagai nama kapal dan menjadi nama jalan di berbagai kota di Belanda.

 Ini Foto 3 Kapal Perang Belanda yang Hilang di Indonesia.Foto: Royal Navy Official Photographer

Dilansir Dailymail.co.uk, Jumat (18/11/2016), disebutkan bahwa penyelidikan digelar untuk mencari bangkai ketiga bangkai kapal itu, yang menurut data sejarah dan riset tenggelam di lepas di pantai utara Jawa Timur-Jawa Tengah.

 Ini Foto 3 Kapal Perang Belanda yang Hilang di Indonesia.Foto: Royal Navy Official Photographer

Menurut Kementerian Pertahanan Belanda, dua dari tiga bangkai kapal perang tersebut, yakni Hr.Ms. De Ruyter dan Hr.Ms. Java, hilang seluruhnya. Sedangkan kapal Hr.Ms. Kortenaer masih ada sisanya sebagian.

Kabinet Belanda, dilansir NRC, menyampaikan keprihatinannya dan menyebut penjamahan atas ketiga bangkai kapal perang tersebut sebagai pelanggaran hukum internasional.

 Ini Foto 3 Kapal Perang Belanda yang Hilang di Indonesia.Foto: Foto: Royal Navy Official Photographer

Isu hilangnya kapal Belanda ini merebak menjelang kedatangan Perdana Menteri Mark Rutte, yang akan kembali melakukan kunjungan resmi ke Indonesia pekan depan, dari tanggal 21 hingga 24 November 2016.

Rutte akan membawa delegasi besar sejumlah 110 orang dari kabinetnya, kalangan bisnis, dan perguruan tinggi. Kunjungan serupa sebelumnya dilakukan Rutte pada November 2013.

 Ini Foto 3 Kapal Perang Belanda yang Hilang di Indonesia.Foto: Royal Navy Official Photographer
 Ini Foto 3 Kapal Perang Belanda yang Hilang di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here