Home Pahlawan Jenderal Soedirman, Sosok Patriot Tak Kenal Menyerah

Jenderal Soedirman, Sosok Patriot Tak Kenal Menyerah

558
0

Oleh Acep Sukmaprana

SEJARAHONE.ID – Saat kekuatan bersenjata kita masih terpecah dalam kesatuan-kesatuan yang berdiri sendiri, maka satu­satunya kekuatan yang dapat mengikat kekuatan rakyat adalah semangat patriotisme yang tidak mengenal menyerah melawan musuh. Panglima Besar Jenderal Soedirman adalah sosok patriot yang tidak kenal menyerah.

Walaupun kesehatan beliau sangat parah dan terus menerus dikejar-kejar musuh (Belanda), tetapi sebagai Panglima Besar telah berhasil menanamkan semangat, menggariskan strategi perlawanan rakyat semesta dan secara langsung memimpin perang gerilya.

Perlawanan yang tidak kenal menyerah itu ahkirnya memaksa Belanda mengembalikan pemerintah Republik Indonesia sebagai pemerintah yang berdaulat ke ibukota perjuangan Yogyakarta. Karena itu, Jenderal Soedirman dihormati sebagai Bapak Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan juga sebagai pemimpin perjuangan yang terkemuka.

Jenderal Soedirman selaku Panglima Besar TNI telah dikenal masyarakat sebagai tokoh pejuang nasional yang berpribadi luhur, tabah, jujur dan sederhana serta memiliki wawasan persatuan dan kesatuan yang tinggi. Pada masa perang Kemerdekaun beliau menjadi panutan masyarakat dalam besikap dan bertindak, baik dalam bidang politik maupun strategi perjuangan lainnya, demi kejayaan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Jenderal Soedirman, seorang yang bertakwa dan taat kepada Tuhan Yang Maha Esa, jujur dalam pikiran dan perbuatan, mencintai anak buah, patuh pada kata mufakat, dan setia terhadap sumpah dan janjinya kepada Angkatan Perang, Tanah Air, Bangsa dan umat manusia. Di dalam diri beliau kita temukan watak perwira TNI sejati.

Dari contoh-contoh kiprah pengabdiannya, banyak nilai semangat juangannya yang patut dikaji ulang untuk ditumbuh kembangkan dan dihayati oleh segenap lapisan masyarakat, terlebih bagi generasi muda dan bangsa Indonesia, guna mendukung suksesnya pembangunan nasional di masa kini dan masa depan.

Jenderal Soedirman adalah pribadi yang mempunyai rasa percaya pada diri sendiri, beriman, pantang menyerah, memiliki keberanian dan ketenangan dalam mengambil langkah-langkah strategis. Ketegasannya dalam memimpin anak buah, keyakinannya bahwa dengan perang gerilya Indonesia pasti menang, serta ketakwaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa membuatnya tetap tegar secara heroik dan patriotik dalam pengabdiaanya untuk Nusa dan Bangsa Indonesia.

Disadari sepenuhnya, bahwa generasi muda saat ini sebagian besar tidak mengalami pahit getirnya perang kemerdekaan, sehingga dapat dipastikan tidak mengenal secara langsung figur Jenderal Soedirman.

Namun demikian generasi muda sekarang memiliki tanggung jawab yang tidak kalah berat dan luhurnya dari generasi terdahulu yaitu sebagai generasi penerus perjuangan bangsa yang hidup di tengah-tengah derasnya arus globalisasi dunia yang menuntut tekad dan semangat perjuangan yang tinggi, ulet, trampil dan pratriotik disertai profesionalisme dan berkemauan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang tinggi dalam menghadapi ancaman yang jelas akan semakin berat dan kompleks.

Oleh karena itu mempelajari sejarah perjuangan dan nilai-nilai semangat juang Jenderal Soedirman sangat penting dan besar manfaatnya bagi upaya menanamkan motivasi kejuangan generasi sekarang maupun generasi Indonesia di masa mendatang, benar-benar mengerti dan menghayati untuk apa negara proklamasi 17 Agustus 1945 didirikan, di atas pengorbanan tanpa pamrih dari para pendahulu.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here