Home Galeri Ini Dia Masjid-Masjid Tertua di Indonesia

Ini Dia Masjid-Masjid Tertua di Indonesia

68
0

SEJARAHONE.ID – Di Indonesia, agama Islam merupakan agama mayoritas. Islam masuk  ke nusantara sekitar abad ke-11. Salah satu sumber mengungkapkan bahwa terdapat utusan dakwah Khilafah Utsmani yang menyebarkan Islam ke Nusantara. Ada pula yang menyampaikan bahwa Islam masuk ke Indonesia melalui jalur perdagangan.

Indonesia banyak memiliki masjid tertua yang sudah ada di zaman dahulu. Bahkan, hingga saat ini masjid bersejarah itu masih digunakan dalam melakukan kegiatan beribadah.

 

1. Masjid Tuo Kayu Jao 

Masjid Tuo Kayu Jao salah satu masjid tertua di Indonesia yang berada di Jorong Kayu Jao, Nagari Batang Barus, Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Masjid ini dibangun sejak 1599 dengan arsitektur yang dipengaruhi corak Minangkabau.

Memiliki tatanan atap tiga tingkat yang terbuat dari ijuk dan ketebalannya sekitar 15 cm.

2. Masjid Mantingan

 

Masjid Mantingan

Masjid Mantingan

 

Masjid Mantingan didirikan pada 1559 oleh Kesultanan Demak yang berlokasi di Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan, Jepara, Jawa Tengah.

Dengan gaya arsitektur China, masjid ini digunakan sebagai salah satu pusat penyebaran agama Islam di pesisir pulau Jawa.

3. Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus berada di Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Dibangun pada 1549 oleh Sunan Kudus yang menjadi salah satu masjid tertua di Indonesia.

Berbentuk seperti candi, masjid ini bisa terbilang unik. Sedangkan menaranya menggambarkan perpaduan budaya Islam dan Hindu di masa lampau.

4. Masjid Sultan Suriansyah

Masjid Sultan Suriansyah dibangun pada 1526 oleh Sultan Suriansyah, Raja Banjar pertama yang memeluk agama Islam.

Masjid ini berada di Jalan Kuin Utara, Banjarmasin Utara, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Memiliki gaya arsitektur atap tumpang tindih, bagian mihrabnya memiliki atap yang terpisah dengan bagunan utamanya.

5. Masjid Agung Demak

 

Masjid Agung Demak.

Masjid Agung Demak.

 

Masjid Agung Demak berlokasi di desa Kauman, Demak, Jawa Tengah dan dibangun sejak 1974 oleh Kesultanan Demak, Raden Patah. Masjid ini dipercaya menjadi tempat berkumpulnya para ulama (wali) yang menyebarkan agama Islam di pulau Jawa atau biasa disebut dengan Wali Songo.

Bangunan ini memiliki 4 tiang utama yang disebut sebagai saka guru dan atapnya berbentuk limas yang ditopang 8 tiang atau biasa disebut dengan saka Majapahit.

 

6. Masjid Saka Tunggal

 

Masjid Saka Tunggal

Masjid Saka Tunggal

 

Masjid tertua di Indonesia pertama adalah Masjid Saka Tunggal yang terletak di desa Cikakak, Wangon, Banyumas, Jawa Tengah.

Didirikan oleh Kyai Mustolih pada 1288 dan keterangan berdiirinya masjid ini tercatat dengan jelas di tiang utama masjid.

Masjid ini memiliki 1 tiang di bagian bawah yang menggambarkan bahwa Allah SWT itu satu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here