Fakta Asal Mula Jepang Menduduki Indonesia

    180
    0

    SEJARAHONE.ID –  Indonesia dijajah Jepang selama tiga setengah tahun. Penjajahan Jepang jauh lebih sebentar dibandingkan dengan Belanda. Namun, kekejaman penjajah Jepang telah menimbulkan luka mendalam di hati masyarakat Indonesia ketika itu.

    Imperialisme Jepang bukan hanya berorientasi pada eksploitasi sumber daya alamnya saja. Akan tetapi manusianya juga jadi orientasi eksploitasi mereka. Jepang melakukan eksploitasi sampai tingkat pedesaan.

    Kependudukan Jepang di Indonesia menjadi periode yang sangat penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Pasca kekalahan sekutu, penjajahan Jepang goyah di Indonesia dan ketika itulah, golongan muda mendesak Soekarno Hatta untuk segera memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.

    7 Bukti Kekejaman Penjajah Jepang, dari Romusha hingga Perbudakan Seks

    Jepang saat itu memiliki tujuan mewujudkan Persemakmuran Bersama Asia Timur Raya.

     

    Pada awalnya, tanggal 7 Desember 1941, terjadi peristiwa yang besar. Pada saat itu, Jepang menyerbu pangkalan Angkatan Laut di Pearl Harbour, Hawai.

    Aksi Jepang ini merupakan sebuah gerakan invasi (aksi militer) yang kemudian  dengan cepat merambah ke kawasan Asia Tenggara. Sehingga di Januari-Februari tahun 1942, Jepang menduduki Filipina, Pontianak, Balikpapan, Palembang, Tarakan (Kalimantan Timur), dan Samarinda, yang mana waktu itu bangsa Belanda masih berada di wilayah Indonesia.

    Mengetahui hal itu, sekutu tidak tinggal diam. Mereka kemudian membentuk komando gabungan. Komando itu bernama ABDACOM (American British Dutch Australian Command) yang dipimpin oleh Jenderal Sir Archibald Wa ell, pusatnya terletak di Bandung.

     

    Selang beberapa minggu, Jepang berhasil mendarat di Pulau Jawa, tepatnya di Teluk Banten pada tanggal 1 Maret 1942, kemudian juga di Kragan (Jawa Timur), dan di Eretan (Jawa Barat).

     

    Empat hari kemudian kota Batavia jatuh ke tangan Jepang, tepatnya pada tanggal 5 Maret 1942. Setelah Jepang berhasil menguasai beberapa wilayah tersebut, akhirnya tanggal 8 Maret 1942 Belanda secara resmi menyerah kepada Jepang.

    Penyerahan kekuasaan kepada Jepang oleh Sekutu dilakukan pada tanggal 8 Maret 1942 melalui sebuah upacara di Kalijati, Subang, Jawa Barat. Gubernur Jenderal Tjardaan Starkenborgh dan Jenderal Ter Poorten menjadi wakil Sekutu dalam upacara tersebut, kemudian Jenderal Hitoshi Imamura menjadi wakil dari Jepang. Dengan berakhirnya upacara penyerahan tersebut, secara otomatis kemudian Indonesia berada di bawah jajahan Jepang. Hmm, bisa terbayang kan gimana kondisi masyarakat Indonesia pada waktu itu.

    Dimulainya penjajahan Jepang di Indonesia menambah mimpi buruk masyarakat Indonesia pada waktu itu. Soalnya politik imperialisme Jepang, bukan hanya berorientasi pada eksploitasi sumber daya alamnya saja, akan tetapi manusianya juga jadi orientasi eksploitasi mereka. Jepang melakukan eksploitasi sampai tingkat pedesaan. Sumber-sumber kekayaan alam Indonesia dan juga tenaga-tenaga masyarakat Indonesia mulai dikuras oleh Jepang. Untuk memenuhi semua keinginannya, Jepang melakukan berbagai cara, mulai dari perjanjian-perjanjian, hingga cara-cara kekerasan .

    Itulah proses dan latar belakang Jepang melakukan kependudukan di Indonesi. Memang tidak berangsur lama. Akan tetapi, cara-cara yang dilakukan oleh Jepang terhadap masyarakat kita sangat tidak manusiawi. Kalau kalian masih penasaran dengan seperti apa awal mula Jepang masuk dan menjajah Indonesia? Kalian bisa nih belajar, bertanya dan berdiskusi bareng STAR Master Teacher di Brain Academy Online, Kamu bisa bertukar informasi dan mendapatkan jawaban yang valid dari tutor-tutor terbaik di bidangnya.

    TULISKAN PENDAPAT KAMU?

    Please enter your comment!
    Please enter your name here