Home Galeri Ketika Jepang Merebut Wilayah Jajahan Belanda

Ketika Jepang Merebut Wilayah Jajahan Belanda

79
0
Tentara Jepang Menyita Gedung-gedung di Batavia dari Belanda

SEJARAHONE.ID – Belanda telah menjajah Indonesia selama 35o tahun, Belanda memegang kekuasaan paling lama di Indonesia dibanding penjajah Portugis, Spanyol dan Inggris. Sekitar 1942,  akhirnya Belanda menyerah kepada Jepang. Berakhirnya penjajahan Belanda ini kemudian dilanjutkan oleh kekuasaan Jepang. Tercatat Jepang  berkuasa sekitar 3,5 tahun.

Peristiwa pendudukan Jepang di Indonesia menggantikan Belanda terjadi sekitar 3 tahun menjelang kemerdekaan Indonesia. Belanda menyerah kepada Jepang lewat perjanjian Kalijati.

Gubernur Jenderal Dirk Fock, berkuasa saat pandemi flu Spanyol di Hindia-Belanda. (Thilly Weissenborn/Tropenmuseum/Wikimedia Commons)

Foto: Gubernur Jenderal Dirk Fock, berkuasa saat pandemi flu Spanyol di Hindia-Belanda. (Thilly Weissenborn/ Tropenmuseum/Wikimedia Commons)

Perjanjian Kalijati adalah Penyerahan Kekuasaan Belanda kepada Jepang. Perang di kawasan Asia Pasifik yang melibatkan Jepang menjadi jalan masuknya kekuasaan Jepang ke Indonesia.

Setelah menghantam Pearl Harbour, Jepang menyerang dan berusaha menguasai negara di kawasan Asia Pasifik.

Agresi pasukan Jepang bergerak sangat cepat. Hal ini membuat Amerika Serikat kesulitan membendungnya. Pada saat itu, angkatan laut Amerika juga telah lumpuh. Serangan Jepang dikendalikan di pangkalan Kepulauan Carolina, Formosa, Indocina, dan Thailand.

Dalam waktu singkat, Jepang berhasil menduduki beberapa wilayah di kawasan Asia dan Pasifik. Kawasan Asia meliputi Singapura, Filipina, Vietnam, Laos, Kamboja, Thailand, Myanmar, dan Indonesia.

Sedangkan kawasan Pasifik terdiri dari Kepulauan Kuril, Kepulauan Marshall, Gilbert, Laut Bismarck, Irian Utara, Kepulauan Aleut, Midway, Kepulauan Carolina, Kepulauan Mariana, Kepulauan Solomon, Saipan, Guam, dan Laut Koral.

Jepang mulai mendaratkan pasukan di Indonesia pada 1 Maret 1942. Tentara Jepang mendarat di tiga tempat, yakni Banten, Indramayu, dan Bojonegoro dengan dipimpin oleh Jenderal Imamura.

Pendaratan yang dilakukan Jepang tidak diduga oleh Belanda pada saat itu. Tentara Belanda tidak dapat memberikan perlawanan terhadap pasukan Jepang yang bergerak cepat. Belanda menyerah kepada Jepang di Indonesia pada 8 Maret 1942 dengan tanpa syarat.

Penyerahan tanpa syarat ini dilaksanakan di Kalijati, Subang. Pihak Belanda diwakili oleh Panglima Tentara Belanda, Jenderal Ter Poorten, sedangkan Jepang diwakili oleh Jenderal Imamura. Penyerahan ini dikenal dengan perjanjian Kalijati. Sejak saat itu, berakhirlah kekuasaan Belanda di Indonesia sekaligus awal pendudukan Jepang di Indonesia.

Militer Jepang segera melakukan penyitaan pada gedung-gedung dan kantor pemerintahan di  Indonesia.

TULISKAN PENDAPAT KAMU?

Please enter your comment!
Please enter your name here