Home Galeri Keturunan Cina Pro Belanda di Masa Kolonial

Keturunan Cina Pro Belanda di Masa Kolonial

184
0

SEJARAHONE.ID – Sejarah mengungkap bahwa tidak semua warga Indonesia keturunan Cina berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Bahkan beberapa tampak sangat egois untuk kemerdekaan dan kemakmuran dirinya sendiri dengan pro terhadap Belanda.

Foto di atas adalah Kongres Akbar Chung Hwa Hui organisasi peranakan Tionghoa di Hindia Belanda. Organisasi ini pro-kolonial dan menuntut persamaan hak orang Tionghoa dengan orang Eropa. Perjuangan politik Chung Hwa Hui digelorakan melalui Volskraad.

Salah satu tokoh dari Chung Hwa Hui yang terkenal adalah Thio Tiam Tjong, taipan dari Semarang. Thiam Tjong sempat sekolah di Belanda walaupun sebelum lulus malah balik kanan pulang ke Semarang untuk membantu bisnis bapaknya.

Thiam Tjong terkenal sebagai seorang taipan yang concern pada pendidikan dan kegiatan sosial. Ia mendirikan sekolah dan mendirikan badan amal.

Pasca Perang Dunia II, Thiam Tjong menjadi advisor Van Mook. Jabatan inilah kelak yang membuat namanya tenggelam pasca Indonesia merdeka karena selalu diasosiasikan sebagai pro-Belanda.

Sumber foto Chinese Indonesian Heritage Center

TULISKAN PENDAPAT KAMU?

Please enter your comment!
Please enter your name here