Home Khasanah Pesan Utbah bin Abu Sufyan untuk Pendidik Anaknya

Pesan Utbah bin Abu Sufyan untuk Pendidik Anaknya

39
0
SEJARAHONE.ID – Utbah bin Abi Sufyan atau Utbah bin Abu Sufyan mendapatkan julukan Abi Walid. Utbah merupakan anak ketiga dari pasangan Abu Sufyan dan Hindun binti Utbah dan adik dari khalifah pertama dari Kekhalifahan Umayyah yaitu Muawiyah bin Abu Sufyan. Ia diangkat oleh Umar bin al-Khattab sebagai Gubernur di Thaif, kemudian diangkat oleh Muawiyah bin Abu Sufyan sebagai Gubernur di Mesir setelah Amru bin Ash wafat. Ia menetap disana selama setahun hingga kemudian wafat pada 44 H

Dalam suatu kisah, berikut ini adalah Utbah bin Abu Sufyan. Dia berpesan kepada pendidik anaknya sejumlah pesan-pesan bijak. Ini sebagaimana dinukilkan dalaman riwayat berikut ini:

قال عتبة بن أبي سفيان لعبد الصمد مؤدب أولاده : ليكن أول ما تبدأ به من إصلاح بني إصلاح نفسك ؛ فإن أعينهم معقودة بعينك ؛ فالحسن عندهم ما استحسنت ، والقبيح عندهم ما استقبحت ، وروهم سير الحكماء ، وزد فى تأديبهم أزدك فى بري أليس الصبح بقريب للشيخ ابن عاشور

Utbah bin Abi Sufyan berkata pada Abdus Somad,  guru untuk anak-anaknya, “Hal pertama yang mesti engkau lakukan (sebelum mendidik anak-anakku) adalah perbaiki dulu dirimu, karena mata mereka tertuju padamu, yang baik menurut mereka adalah apa yang engkau anggap baik, dan yang buruk menurut mereka adalah apa yang engkau anggap buruk. Ceritakan pada mereka kisah orang-orang bijak. Maksimalkan usahamu untuk mendidik mereka niscaya aku tambahkan kebaikanku untukmu.”

Dari kisah ini, setidaknya ada sejumlah pelajarab berharga yang bisa diambil yaitu pertama, perlu ada kontrak dan perjanjian antara orang tua dan guru. Kedua, prioritas guru sebelum mendidik murid adalah memperbaiki diri sendiri terlebih dahulu, dan ketiga ketika guru menampakkan kerja keras dalam tugasnya mesti ada kompensasi ekstra dari orang tua.

TULISKAN PENDAPAT KAMU?

Please enter your comment!
Please enter your name here