Home Ekonomi Fakta Sejarah Pesawat Pertama Berhasil Diterbangkan

Fakta Sejarah Pesawat Pertama Berhasil Diterbangkan

56
0

SEJARAHONE.ID – Pesawat pertama yang berhasil terbang adalah pesawat terbang layang. Pesawat ini tidak memiliki mesin dan sulit dikontrol. Pesawat terbang layang meluncur dari bukit-bukit tinggi dan melayang di udara hingga sampai ke tanah. Pesawat terbang layang dirakit oleh Sir George Meyel.

Sejarah Hari Ini: Pesawat Mengudara Pertama Kali | Republika Online

Pada 1890 Orville dan Wilbur Wright bekerja di toko sepeda. Wright bersaudara tertarik pada penerbangan. Mereka mempelajari mekanisme sepeda yang bisa diterapkan untuk pesawat. Mereka lalu membuat pesawat terbang layang yang dimodifikasi.

Pada 1899 mereka merangkai layang-layang dengan dua sayap besar. Pada akhirnya mereka menemukan cara untuk mengontrol kemudi pesawat. Wright bersaudara membuat ekor pesawat dan sirip pada sayap untuk mengontrol arah dan ketinggian pesawat.

Pada 1903, Wright bersaudara sukses menerbangkan pesawat dengan penumpang. Pesawat tersebut mengudara setinggi 36 m selama 12 detik.  Pada tahun yang sama Wright bersaudara menciptakan pesawat dengan 12 mesin tenaga kuda buatan sendiri.

Sayapnya membentang selebar 12 m, terbuat dari kayu yang dilapisi kain katun. Pilot pesawat tersebut berbaring di bawah sayap. Selanjutnya Wright bersaudara berhasil membuat pesawat yang dapat terbang lebih dari satu setengah jam pada 1908.

Perkembangan Pesawat Terbang

Kecelakaan pesawat terbang pertama terjadi pada 17 September 1908. Letnan militer Amerika, Thomas E. Selfridge menjajal kemampuan pesawat buatan Wright bersaudara untuk keperluan militer. Ia menumpang pesawat bersama dengan Orville Wright.

Mereka terbang setinggi 22 m ketika baling-baling mendadak rusak. Pesawat tersebut jatuh dan menewaskan Thomas dan membuat Orville terluka. Namun, Wright bersaudara tidak menyerah. Pada 1909 mereka mendapat kontrak militer untuk membuat pesawat terbang militer pertama.

Pada 1911 Calbiath Rodgers terbang melintasi Amerika Serikat. Ia terbang mulai dari Sheepshead Bay, New York hingga Long Beach, California. Selama 84 penerbangan, Rodgers terjatuh setidaknya 70 kali.

Ia harus mengganti hampir semua bagian pesawat sebelum akhirnya tiba di Long Beach. Sepanjang perjalanan tersebut, Thomas berada di udara selama 3 hari, 10 jam, dan 24 menit.

Selanjutnya perusahaan-perusahaan pesawat terbang semakin meyempurnakan pesawat. Pesawat masa kini dapat terbang membawa 300 lebih penumpang. Penumpang dapat duduk dengan nyaman. Mesin jet telah menggantikan baling-baling dan dapat mencapai kecepatan 960 km/ jam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here