Home Galeri Menikmati Bangunan Bersejarah, Masjid Sultan Abdullah

Menikmati Bangunan Bersejarah, Masjid Sultan Abdullah

130
0

SEJARAHONE.ID – Malaysia dinilai cukup sukses dalam memanfaatkan sektor pariwisata halal. Bahkan, kerajaan Islam yang berpusat di Semenanjung Malaya itu menduduki peringkat teratas dalam Global Muslim Travel Index pada 2018 lalu. Salah satu faktor penunjang keberhasilan negeri jiran ialah terobosannya dalam memadukan berbagai nuansa turisme. Masjid Museum Sultan Abdullah adalah salah satu objek wisata religi yang ditawarkan Malaysia.

Muzium Masjid Sultan Abdullah (Islamic manuscripts, Al-Quran artifacts)

Museum Sultan Abdullah terletak di kota kerajaan Pekan di Malaysia, memiliki koleksi barang antik berharga yang terkait dengan kebangkitan pengaruh Islam dari Timur Tengah hingga Asia sejak awal abad ke-7.

Dibangun pada tahun 1929 dengan arsitektur Moor bergaya hipostyle abad ke-11, museum ini terdiri dari empat bangunan yang dirancang ulang, salah satunya adalah masjid yang beroperasi.

Ramses HD (ancient Islamic manuscript)

Koleksi pameran – dari kitab suci dan dokumen kertas yang berharga hingga tekstil, alat musik, persenjataan, dan peralatan ilmiah – di ruang berkubahnya dibingkai dengan memasang lengkungan tingkat ganda.

 

Ramses HD (7 metre long roll of Al-Quran)

Dengan rentang waktu hampir satu tahun penuh, total lebih dari 150 kotak pesanan diproduksi dan diangkut dari Singapura ke kota pesisir timur Pekan di Malaysia. Pajangan bergaya dokumen digantung pada alas kaca dan ditempatkan di relung di antara pilar untuk menyimpan fragmen berharga dari kitab suci Islam kuno. Dinding pajangan setinggi hampir tiga meter dipasang dari lantai ke langit-langit untuk menceritakan kisah benda sehari-hari dan senjata yang digunakan selama berabad-abad.

Vitrine serba kaca klasik dari sistem etalase Turin memberikan tampilan 360 derajat yang jelas dari pameran yang rapuh. Kedap udara dan diuji hingga kurang dari 0,1 nilai tukar udara per hari, casing ini dikondisikan dengan artorbs untuk melawan kelembaban yang berfluktuasi, memastikan pelestarian barang antik yang tak ternilai harganya. Varian populer untuk tugas berat TD2, ini juga sepenuhnya dapat dibongkar dan modular. Pameran Turin dirangkai di tempat dengan mudah untuk memenuhi pembukaan museum dalam kuartal pertama 2015. Hasilnya adalah serangkaian pameran yang menakjubkan yang dibuat untuk menghormati pameran yang diadakan serta interior megah dari situs bersejarah yang penting ini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here